Jumat, 31 Juli 2015

Wakaf Qurban: Sebuah Inovasi dari Global Qurban

Berwakaf dalam bentuk indukan ternak yang merupakan hewan Qurban seperti kambing dan sapi. Global Qurban  sebagai pengelola berkewajiban menjaga dan mengelola indukan hewan ternak (Qurban) sebagai pokok wakaf ternaknya. Indukan ini dirawat sebaik-baiknya sehingga beranak-pinak. 

Hasil turunannya sebagian akan dipotong mulai tahun ke-2 dan seterusnya sebagai hewan qurban (hewan jantan) yang didedikasikan untuk wakif, sebagian lainnya dikelola & dikembangbiakkan agar jumlah hewan ternak makin berkembang dan terus bergulir memberikan manfaat yang lebih besar dari tahun ke tahun. 

Untuk hewan yang  di-Qurban-kan, Global Qurban akan memilihkan masyarakat Dhuafa yang menjadi atas nama Qurban di tiap tahunnya. Artinya wakif membantu masyarakat dhuafa untuk dapat berqurban, sehingga selain pahala dalam berwakaf juga mendapat nilai ibadah qurban setiap tahunnya.

Program ini juga ditujukan untuk mendorong masyarakat agar mampu mengelola dan mengembangkan potensi ekonomi lokal agar dapat bangkit dari kesulitan ekonomi. Manajemen peternakan dengan pola pemberdayaan dari Wakaf Qurban ini, dikelola dalam  Lumbung Ternak Masyarakat (LTM). Kolaborasi Wakaf Qurban dengan LTM  juga bertujuan untuk memberikan benefit jangka bagi masyarakat peternak, hingga dapat menjadi jaminan perubahan kondisi ekonomi dan kehidupan keluarga : 
 
*Benefit yang didapatkan peternak melalui program ini, antara lain: 
a) Penghasilan per bulan (melebihi penghasilan peternak biasanya)
b) Asuransi Kesehatan Keluarga (BPJS)
c) Bantuan Biaya Pendidikan Anak*
d) Bantuan sanitasi & Air Bersih (Penyediaan/renovasi Jamban Keluarga)*
e) Training Skill peternakan (Fattening)
f) Kepemilikan hewan ternak (aset ekonomi masyarakat)*

*Setelah 1 tahun

Melalui program ini, selain menghidupkan roda ekonomi masyarakat peternak, juga menyiapkan stok hewan qurban yang sehat, berkualitas dan sesuai standar syariah Qurban. Sehingga ketika moment Idul Adha, Ternak (hewan) ini bisa di optimalkan oleh Global Qurban – ACT dan saat dilakukan pemotongan Qurban, daging qurban yang didapat dan disalurkan kepada masyarakat juga berkualitas. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar