Minggu, 24 Januari 2016

The 4th SEA-IIPC. 25-27 Februari 2016 [Konferensi Filantropi Islam Internasional]

Melihat perkembangan komunitas muslim di Asia Tenggara maka potensi sinergi ZISWAF yang terdapat di regional ini boleh jadi merupakan potensi terbesar setelah kawasan Timur Tengah. Dari kerjasama lintas sektor filantropi diharapkan tentu dapat memberikan solusi atas berbagai tantangan sosio ekonomi dan pembangunan berkelanjutan yang dihadapi masyarakat Asia Tenggara, terutama pengentasan kemiskinan.

Forum ini juga sebagai wadah untuk kembali menggelorakan semangat yang pernah dicetuskan dalam Forum MABIMS dan Dewan Zakat Asia Tenggara serta mengiringi perkembangan komunitas wakaf Asia serta New Zealand.

Penerapan model filantropi Islam di berbagai negara memiliki kekhasan masing-masing. Hal ini tak lepas dari kultur masyarakat maupun sistem pemerintahannya. Oleh karena itu, dibutuhkan pemaparan dan diskusi untuk memperkaya pandangan dalam penghimpunan hingga pengelolaan dana ummat ini.

IMZ Dompet Dhuafa dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerjasama dengan Center for Islamic Philanthropy and Social Finance (CIPSF) UiTM Malaysia akan menyelenggarakan konferensi Internasional yang membahas tentang perkembangan tata kelola zakat dan wakaf khususnya di regional Asia Tenggara. Tema utama konferensi saat ini adalah “Memperkuat Tata Kelola Zakat dan Wakaf”, dengan sub tema :


1. Strenghtening Zakat Governance
Penghimpunan Zakat - Pendistribusian dan Pemberdayaan Zakat - Organisasi dan Manajemen Zakat - Legalitas Zakat - Pengembangan Amil atau SDM - Asnaf Development - Zakat Internasional - Zakat Best Practices Program - Peran Negara dan Swasta (NGO) - Zakat Core Principles - International Standard of Zakat Management

2. Strengthening Waqf Governance
Penghimpunan Wakaf - Investasi dan Kebermanfaatan Wakaf - Legalitas Wakaf - Pengembangan Nazhir atau SDM - Beneficiaries Development - Wakaf Internasional - Waqf Best Practices Program - Peran Negara dan Swasta (NGO) - Waqf Core Principles

Paper yang terpilih akan dipromosikan dan dipublikasikan dalam Jurnal Internasional UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tujuan
·         Mengidentifikasi tingkat tata kelola perzakatan dan perwakafan khususnya di Asia Tenggara
·         Menggagas South East Asia Islamic Philanthropy Association (SIPA)
·         Sharing best practice program zakat dan wakaf di Asia Tenggara
·         Meningkatkan kerjasama lintas negara dan lintas organisasi di Asia Tenggara

FORMAT PAPER AKADEMIK

Topik pembahasan sesuai dengan fokus pembahasan Konferensi ini
Paper ditulis dalam bahasa Inggeris, Melayu, atau Indonesia.
Maksimal 10 halaman dengan font 12, Times New Roman, spacing double, Kertas A4, Margin kiri 4 cm dan margin kanan, atas dan bawah 3 cm.
Artikel terdiri daripada abstrak, latar belakang masalah, fokus kajian, analisis dan pembahasan, kesimpulan dan saran
CV ringkas yang terbaru

IMPORTANT DEADLINE
Conference Date : 25-27 February 2016
Abstract / Full paper submission : 18 February 2016
Email : IslamicPhilanthropy.2016@gmail.com 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar